Minggu, 23 Maret 2014

10 Sisi Gelap Perusahaan Besar Di Dunia

10 Sisi Gelap Perusahaan Besar Di Dunia - Perusahaan besar dengan dana yang besar mampu melakukan apa saja, bisa jadi membawa kebaikan namun bisa juga malah membawa kerusakan. Sekarang mari kita lihat sisi gelap dari perusahaan-perusahaan ini:


CEVRON

CEVRON


Beberapa perusahaan minyak besar layak masuk daftar ini, tetapi Chevron paling layak mendapat tempat khusus. Antara tahun 1972 sampai 1993, Chevron (kemudian Texaco)menumpahkan 18 miliar galon air beracun ke hutan hujan Ekuador tanpa perbaikan apapun, menghancurkan mata pencaharian petani lokal dan membuat sakit penduduk asli.

Chevron juga telah melakukan banyak polusi di sini di Amerika Serikat: Pada tahun 1998, Richmond, California menggugat Chevron atas kelalaian dalam prosedur pengolahan air limbah dan mencemari pasokan air lokal, begitu pula di New Hampshirepada tahun 2003.

Chevron bertanggung jawab atas kematian beberapa orang Nigeria yang memprotes perusahaan itu atas polusi dan eksploitasi di Delta Nigeria. Chevron membayar milisi lokal, yang dikenal atas pelanggaran-pelanggaran hak asasi manusia,meredam protes, dan bahkan memasok mereka dengan helikopter dan perahu. Militer menembaki warga dan membakar desa mereka sampai habis.


DeBeers

Sisi Gelap Perusahaan Besar Di Dunia


DeBeers secara tidak langsung mendanai gerakan gerilya kekerasan di Angola, Sierra Nevada, dan Kongo dengan membeli "berlian berdarah". Di Botswana, DeBeers telah disalahkan untuk "membersihkan" lahan yang akan ditambang berlian.

termasuk pemindahan paksa masyarakat adat yang telah tinggal di sana selama ribuan tahun.Pemerintah diduga ikut memotong pasokan air suku itu, beserta ancaman, penyiksaandan bahkan hukuman gantung bagi yang melawan.


Smith and Wesson

Smith and Wesson


Sebagai produsen terbesar pistol (dan sub senapan mesin) di Amerika Serikat, Smithdan Wesson secara tidak langsung bertanggung jawab atas kematian tak terhitung karena penembakan - tidak hanya oleh lembaga kepolisian dan pemerintah , namun oleh penjahat dan oleh "kecelakaan .

Dalam sebuah studi tentang sepuluh senjata yang terlibat dalam kejahatan di Amerika Serikat, yang pertama adalah Smith & Wesson.38 Special. Urutan 6 dan 7 juga Smith dan Wessons. Secara statistik, penelitian telah menunjukkan bahwa senjata yang digunakan lebih sering pada kejahatan daripada membela diri. Tentu saja, "Bukan senjata yang membunuh orang namun orang yang membunuh orang" Dan sering, mereka menggunakan senjata Smith dan Wesson untuk melakukannya.



Phillip Morris

Phillip Morris


Phillip Morris adalah produsen rokok terbesar di AS. Rokok diketahui menyebabkan kanker pada perokok, serta cacat lahir pada anak-anak yang belum lahir jika sang ibu merokok saat hamil.

Asap rokok mengandung 43 bahan karsinogen yang dikenal dan lebih dari 4.000 bahan kimia, termasuk karbon monoksida, formaldehida, hidrogensianida, nikotin, amonia dan arsen. Nikotin, zat kimia psikoaktif utama dalam tembakau,telah terbukti secara psikologis adiktif.

Merokok meningkatkan tekanan darah, mempengaruhi sistem saraf pusat, dan menyempitkan pembuluh darah. Puntung rokok adalah polutan utama sebagai perokok rutin melemparkan filter mereka ke tanah.Banyak dari filter ini jatuh ke air segar dan air tawar, di mana bahan kimia merekamenyerap dalam air.

Baca Juga : 5 Perusahaan Rokok Paling Kaya Di Dunia.


Coca Cola

Coca Cola


Coca Cola membuat kehancuran di India, di mana pabrik-pabrik Coca Cola menggunakan hingga satu juta liter air per hari, meninggalkan puluhan ribu warga setempat kekeringan selama berbulan-bulan saat musim kemarau. Kemudian pabrik membuang limbah tidak benar, mencemari apa pun air yang tersisa. Sebuah gugatan pada tahun 2001 menuduh Coca Cola mempekerjakan paramiliter di Columbia untuk menekan serikat pekerja di pabrik Cola sana melalui intimidasi, penyiksaan dan pembunuhan.


Pfizer

Sisi Gelap Perusahaan Besar Di Dunia



Pfizer, perusahaan farmasi terbesar di AS, mengaku bersalah pada tahun 2009 dengan penipuan perawatan kesehatan terbesar dalam sejarah Amerika Serikat, menerima hukuman pidana ilegal terbesar yang pernah untuk pemasaran empat obat nya.

Ini adalah kasus keempat seperti Pfizer. Seolah-olah menggunakan Pfizer besar hewan percobaan tidak cukup memilukan hati, Pfizer memutuskan untuk menggunakan anak-anak Nigeria sebagai kelinci percobaan.

Pada tahun 1996, Pfizer pergi ke Kano, Nigeria untuk mencoba sebuah eksperimen meningitis antibiotika pada penyakit ketiga dunia seperti campak, kolera, dan bakteri. Mereka memberi trovafloxacin untuk sekitar 200 anak-anak. Puluhan dari mereka meninggal dalam percobaan, sementara yang lain banyak dikembangkan cacat mental dan fisik.


Exxon Mobil

Exxon Mobil


Exxon Mobil mungkin paling dikenal karena tumpahan minyak Exxon Valdez 1989 yang mengakibatkan 11 juta galon minyak mencemari Prince William Sound.

Tapi mereka juga telah bertanggung jawab atas tumpahan minyak besar di Brooklyn dan membantu menurunkan populasi  paus abu-abu Rusia yang terancam punah karena pengeboran di habitat aslinya.

The Political Economy Research Institute memberi Exxon Mobil peringkat keenam di antara perusahaan yang menghasilkan polusi udara di Amerika Serikat. Penyangkalan Exxon Mobil tidak dengan membersihkan kekacauannya, tetapi malah mendanai penelitian ilmiah yang menyangkal pemanasan global.


Caterpillar Company

Caterpillar Company


Caterpillar menjual semua jenis traktor, truk dan termasuk banyak kendaraan, kapal dan kapal selam yang digunakan oleh militer AS. Caterpillar juga memasok tentara Israel dengan buldoser yang digunakan untuk menghancurkan rumah-rumah Palestina, kadang-kadang dengan orang-orang masih berada di dalam. Pada tahun 2003 sebuah buldoser Caterpillar melindas dan membunuh Rachel Corrie, seorang Amerika yang melakukan protes di Gaza dengan cara berdiri di depan traktor untuk mencegah penghancuran rumah Palestina.


Monsanto

Sisi Gelap Perusahaan Besar Di Dunia


Daftar kejahatan Monsanto termasuk menciptakan "benih terminator" yang menciptakan tanaman yang tidak pernah berbuah atau berbunga sehingga petani harus membeli bibit baru secara tahunan, melobi untuk menghapus label "Bebas Hormon" dari label susu bayi dan pengganti susu (bovine hormon pertumbuhan diyakini menjadian selerator kanker) serta berbagai pelanggaran lingkungan dan kesehatan manusia yang terkait dengan penggunaan racun Monsanto, yang paling terutama "Agen Oranye."Antara 1965 dan 1972, Monsanto telah membuang ribuan ton limbah beracun di Inggris.

Menurut Badan Lingkungan Hidup bahan kimia tetap mencemari air tanah dan udara walaupun setelah 30 tahun setelah mereka dibuang. Negara bagian Alabama juga menggugat Monsanto karena selama 40 tahun membuang merkuri dan PCB ke dalam anak sungai setempat.


Nestle

Sisi Gelap Perusahaan Besar Di Dunia


Nestle terlibat deforestasi besar-besaran di Borneo, habitat orangutan terancam punah, untuk tumbuhan kelapa sawit, dan membeli susu dari peternakan ilegal. Nestle juga membuat sengketa dengan ahli lingkungan untuk klaim konyol nya bahwa air botol adalah "eco-friendly" ketika sebaliknya adalah benar.

Nestle mendesak ibu di negara-negara dunia ketiga untuk menggunakan susu bayi mereka, sebagai pengganti ASI, tanpa memperingatkan mereka dari pengaruh negatif yang mungkin timbul.

Nah, itulah 10 Sisi Gelap Perusahaan Besar Di Dunia semoga menambah wawasan anda.

Baca Juga :


langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls