Sabtu, 29 Maret 2014

7 Sungai Paling Unik Di Dunia

7 Sungai Paling Unik Di Dunia - Sungai menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan yang ingin menyatu dengan alam. Dari seluruh sungai di dunia, setidaknya ada beberapa sungai yang tidak biasa. Mulai dari yang terpanjang, sampai yang terindah.

Selain itu sungai paling unik didunia ini memiliki kesan yang sulit dilupakan jika anda berkunjung langsung ke tempat tersebut. Anda bisa melihat keindahan aliran sungai yang mengalir diiringi dengan udara sejuk suara air yang mengalir yang dapat membuat otak kita terasa jernih dan lupa akan urusan tugas kuliah atau kantor yang sedang anda pikirkan sekarang.

Untuk itu saya akan berbagi info mengenai sungai paling unik didunia yang mungkin bisa menjadi referensi liburan anda. untuk lebih jelasnya silahkan anda baca sendiri ya, dan jangan lupa sambil bawa cemilan agar lebih asik membacanya.

Inilah 7 Sungai Paling Unik Di Dunia seperti yang dikutip dari didunia.net :


1. Sungai Gangga

Sungai Gangga


Masyarakat Hindu percaya, Gangga adalah sungai paling keramat di dunia. Titik awal sungai ini berada di selatan Pegunungan Himalaya, mengalir 2.510 Km menyusuri China, India, Nepal dan Bangladesh sebelum bermuara di Samudera Hindia.

Masyarakat Hindu yang tinggal di 52 kota dan 48 desa di bantaran Sungai Gangga percaya atas kemampuan sungai ini untuk menghilangkan dosa. Tiap tahunnya, ratusan ribu peziarah menyambangi bantaran Sungai Gangga untuk mandi dan berdoa.

Sungai ini juga digunakan masyarakat Hindu untuk membuang abu jenazah. Mereka percaya, sungai ini akan mengantar arwah orang meninggal langsung ke nirwana.


2. Sungai Rio Negro

Sungai Rio Negro


Amerika Selatan punya sungai yang sama ikoniknya dengan Amazon. Adalah Rio Negro, yang mengaliri perbatasan Kolombia dengan Venezuela. Uniknya, sungai ini berwarna gelap seperti hitam pekat. Warna ini dihasilkan oleh senyawa yang dikeluarkan vegetasi di sekitarnya.

Di satu titik, aliran air Sungai Rio Negro menyatu dengan Amazon. Perpaduan warna hitam pekat dan putih jernih menhasilkan pemandangan yang tak ada duanya.


3. Sungai Cano Cristales

Sungai Cano Cristales


Sebelum mengalir ke Sungai Amazon, air terlebih dulu mengalir lewat sungai Cano Cristales. Berawal dari kaki Pegunungan Andes, Cano Cristales adalah salah satu sungai terindah di dunia. Sungai ini dijuluki ‘sungai yang mengalir dari surga’.

sungai paling unik didunia betapa tidak, tiap akhir Oktober sampai awal November, permukaan sungai ini berubah jadi aneka warna. Ada merah, oranye, kuning, hijau bahkan biru. Ini disebabkan oleh alga yang beraneka warna sehingga menjadikan sungai ini bak pelangi yang dialiri air jernih.


4. Sungai Neretva

Sungai Neretva


Neretva adalah sungai karst yang terbesar di dunia. Sungai ini dikelilingi bukit karst alias kapur, sehingga menciptakan banyak gua dan arus tak biasa. Namun, Neretva sekaligus menjadi salah satu sungai tercantik di dunia dengan air yang hijau jernih.

Sungai ini mengaliri wilayah tenggara Eropa, termasuk Kroasia dan Bosnia Herzegovina. pengunjung bisa menyusuri keindahannya lewat kota-kota yang berada di bantaran Sungai Neretva.


5. Sungai Nil

Sungai Nil


Memiliki panjang 6.649 Km, Nil adalah sungai terpanjang di dunia. Nil juga merupakan salah satu sungai paling ikonik di Afrika, melintasi gurun pasir di Mesir dan Uganda.

Keberadaan Sungai Nil sangat krusial bagi bangsa Mesir Kuno, bahkan pada masa Zaman Batu. Kini, populasi manusia di Mesir mayoritas berada di bantaran sungai tersebut. Nil juga terkenal sebagai jalur perdagangan yang terkenal di seluruh dunia.


6. Sungai Danube

Sungai Danube


Sungai paling unik didunia dengan panjang 2.848 Km, Danube adalah sungai terpanjang kedua di Eropa setelah Volga. Namun tak seperti Volga yang mayoritas berada di Rusia, Danube melintasi 9 negara. Ada Jerman, Austria, Hungaria, Kroasia, Serbia, Bulgaria, Moldova, Romania, dan Ukaraina sebelum bermuara di Laut Hitam.

Yang membuat Danube menjadi tidak biasa, adalah eksistensinya sebagai bagian vital peradaban masa lampau terutama di bagian tenggara Eropa. Bantaran Sungai Danube dipenuhi kastil dan benteng, juga merupakan jalur transportasi air yang vital sampai sekarang.


7. Sungai Amazon

Sungai Amazon


Sungai Amazon melintasi Peru, Ekuador, Bolivia, dan Venezuela sebelum bermuara di Samudera Atlantik. Ini adalah salah satu sungai dengan biodiversitas terbanyak di dunia. Fauna-fauna air tawar endemik berkeliaran di sungai ini, termasuk ikan piranha yang terkenal.

Amazon disebut juga dengan Ocean River karena dialiri paling banyak air dibanding sungai-sungai lain di dunia. Tiap detik, 9 juta sampai 32 juta galon air mengalir di Amazon. Jumlah tersebut sama dengan 20% cadangan air tawar di seluruh dunia.

Nah, itulah 7 Sungai Paling Unik Di Dunia semoga menambah wawasan anda.

Baca Juga :



0 komentar :

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls