Selasa, 25 Maret 2014

5 Makanan Sehat dengan Kandungan Lemak Lebih Banyak dari Sepotong Donat

5 Makanan Sehat dengan Kandungan Lemak Lebih Banyak dari Sepotong Donat

Hestianingsih - wolipop

Jakarta - Banyak makanan sehat yang ternyata memiliki kandungan lemak tinggi, bahkan lebih banyak ketimbang satu potong donat berlapis gula (mengandung 14 gram lemak). Namun jangan karena punya lemak lebih banyak ketimbang donat, bukan berarti makanan-makanan ini tidak boleh dikonsumsi dan tersingkir dari daftar diet sehat Anda. Ini alasannya, seperti dikutip dari Women's Health Mag:

1. Setengah Potong Alpukat
Setiap setengah bagian bua alpukat mengandung 15 gram lemak. Tapi 10 gram-nya merupakan lemak tak jenuh tunggal, yaitu salah satu jenis lemak sehat yang meningkatkan level kolesterol baik pada tubuh. Lemak ini juga mencegah penumpukan lemak tak sehat pada perut (salah satu penyebab utama gangguan organ dalam), berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care.

2. Dua Sendok Makan Selai Kacang
Selai kacang memang mengandung banyak lemak. Tapi jika Anda membatasi konsumsinya hanya du a sendok makan per hari, maka selai kacang menjadi makanan sehat. Dua sendok makan selai kacang mengandung sekitar 16 gram lemak, dan setengah bagiannya merupakan lemak tak jenuh tunggal, sedangkan empat gramnya adalah lemak tak jenuh ganda. Kedua jenis lemak ini secara bersama-sama bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan sakit jantung.

3. Satu Ons Kelapa Kering
Kelapa kering mengandung 18 gram lemak jenuh dan meskipun dianggap tidak sehat, jenis lemak ini ternyata punya manfaat kesehatan bagi tubuh. Manusia pun memerlukan lemak jenuh untuk menjaga kinerja organ tubuh tetap berfungsi dengan baik. Hanya saja jika dikonsumsi berlebihan, lemak jenuh bisa berdampak negatif. Disarankan mengonsumsi lemak jenuh (yang berasal dari kelapa kering) tidak lebih dari 10 persen kebutuhan harian Anda. Kira-kira 20 gram untuk kebutuhan 1800 kalori diet per hari.

4. Tiga Butir Telur
Tiga butir telur omelet atau scra mbled, mengandung lebih dari 14 gram lemak. Jika dimakan saat sarapan, menu telur ini sebenarnya baik untuk menyediakan cukup energi hingga saat tiba makan siang. Telur mengandung beberapa jenis lemak, di antaranya lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal.

5. 12 Butir Buah Zaitun
12 butir buah zaitun mengandung 15 gram lemak, satu gram lebih banyak daripada donat manis. Tapi sebagian besar merupakan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Ditambah lagi, buah zaitun juga mengandung berbagai nutrisi seperti protein dan serat.

(hst/hst)





Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Wordpress
wolipop.detik

langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls