Selasa, 11 Maret 2014

Survei: Kepuasaan Pekerja di Indonesia Paling Tinggi Tapi Belum Tentu Betah

Survei: Kepuasaan Pekerja di Indonesia Paling Tinggi Tapi Belum Tentu Betah

Siti Rahmi Anjani - wolipop

Jakarta - Menurut sebuah survei terbaru, Indonesia menjadi negara yang memiliki pekerja dengan tingkat kepuasaan paling tinggi dalam karirnya. Namun kontras dengan pernyataan tersebut, 60% dari mereka belum tentu betah di perusahaan tempatnya bekerja dan tertarik pindah kantor.

Survei tersebut dilakukan oleh situs jejaring sosial profesional, LinkedIn. Survei melibatkan 18 ribu pekerja profesional di 26 negara termasuk di antaranya 570 responden dari Indonesia. Dari survei itu diketahui kepuasaan pekerja di Indonesia paling tinggi ketimbang negara-negara maju seperti Swedia, Norwegia, Hongkong, Italia, bahkan Jepang. Survei menyebutkan 84% karyawan di Indonesia puas dengan pekerjaannya.

Namun meskipun puas dengan pekerjaannya, bukan berarti mereka loyal. Dari survei LinkedIn ini diketahui, lebih dari 60% pekerja profesional Indonesia akan mempertimbangkan untuk pindah ke pekerjaan baru meskipun sudah merasa puas di pekerjaannya yang sekarang.

S urvei yang sama mengungkapkan para pekerja di Indonesia membuka diri menerima pekerjaan di tempat lain jika ada tawaran untuk meningkatkan jenjang karirnya. Mereka yang telah memiliki pekerjaan juga tidak serta merta diam dan berhenti dalam mencari kerja. Hal tersebut terbukti dari tingginya pekerja Indonesa yang rajin memperbaharui resume serta profil profesional mereka di LinkedIn.

Dalam laporan survei tersebut diketahui juga penyebab orang yang sudah merasa puas dengan pekerjaannya masih mencari peluang di perusahaan lain. Sebab pertama yang paling banyak diketahui adalah masalah kompensasi atau gaji. Selain mengharapkan gaji dan tunjangan yang lebih besar, pekerjaan yang lebih menantang dan perusahan yang lebih berkualitas pun menjadi bahan pertimbangan.

Bukan hanya masalah profesional yang membuat seseorang rela pindah ke pekerjaan yang baru, namun juga masalah pribadi. Hubungan yang kurang baik antar sesama rekan kerja juga menjadi penyebab utama pindahnya para profesional di Indonesia. Hal-hal lain seperti tingkat jabatan dan lokasi kantor yang lebih terjangkau menjadi faktor lain seseorang melepaskan karir yang sudah dirasa memuaskan.

Bagaimana dengan Anda? Akankah Anda rela pindah kerja jika 'dibajak' oleh perusahaan lain yang terlihat lebih menjanjikan?

(eny/eny)



Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | RFID | Amazon Affiliate
wolipop.detik

langganan artikel

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls